CARA CERDAS CETAK KEMASAN MAKANAN AMAN DAN MURAH

CARA CERDAS CETAK KEMASAN MAKANAN AMAN DAN MURAH

Sebagai pelaku usaha makanan, cetak kemasan adalah hal yang penting dalam bisnis. Namun bagaimana caranya agar biaya mencetak kemasan bisa ditekan tanpa mengurangi kualitas maupun membahayakan keselamatan dan kesehatan konsumen?

Di artikel ini, kami akan memberikan tips ampuh dan cerdas agar cetak label kemasan dan packaging makanan, baik dari kertas maupun plastik, tetap aman. Selain itu, cara di bawah ini akan menekan biaya percetakan yang harus Anda keluarkan.

5 Tips Cetak Kemasan Makanan

Ada lima hal yang bisa Anda terapkan agar cetak kemasan makanan lebih aman dan tidak membuat budget membengkak.

1. Sesuaikan kemasan dengan isi

Tidak hanya perihal logo, warna, dan gambar, Anda perlu menyesuaikan kemasan yang digunakan dengan isinya. Pastikan ukuran sesuai, tidak  kebesaran apalagi kekecilan.Selain ukuran, struktur kemasan juga perlu Anda pikirkan lagi. Misalnya, apabila Anda menjual makanan yang perlu dihangatkan, pastikan bahan yang Anda pilih bisa mengakomodasi hal tersebut.

2. Gunakan material food grade

Tentu saja jenis material untuk makanan harus sudah berstandar food grade, baik Anda akan menggunakan kertas maupun material yang lain. Kenapa hal ini perlu? Karena Anda tidak ingin menyakiti kepercayaan konsumen.Beberapa bahan dasar untuk kemasan makanan juga bisa didaur ulang.

Dengan begitu, Anda memiliki kontribusi dalam menjaga kesehatan lingkungan tempat Anda melakukan bisnis. Dari Anda pula konsumen akan menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan dengan bahan yang food grade dan ramah lingkungan.

3. Harus kedap udara dan tahan air

Apabila Anda cetak kotak kemasan untuk masakan, sangat penting untuk memastikan bahwa material yang Anda gunakan tahan air dan kedap udara. Hal yang sama juga berlaku apabila Anda cetak kemasan snack dan melayani pengiriman luar kota.

Pastikan kemasan yang Anda pilih tidak akan merusak citarasa dan kualitas dari makanan yang Anda jual. Tidak hanya untuk makanan, tapi juga minuman.Saat ini sudah banyak material food grade berbahan kertas yang tahan air. Material ini adalah pilihan yang tepat untuk usaha Anda.

4. Logam dan styrofoam sebaiknya dihindari

Styrofoam adalah kemasan yang paling banyak digunakan oleh pengusaha makanan kelas bawah hingga menengah. Karena harganya yang sangat terjangkau dan kedap air serta udara, banyak yang memilih material ini.

Namun styrofoam dan logam adalah dua jenis material yang tidak food grade dan berdampak buruk terhadap lingkungan. Mungkin Anda memang bisa menghemat bujet namun efeknya terhadap kesehatan dan lingkungan sangat merugikan.

5. Pastikan ada sirkulasi dalam kemasan

Untuk makanan tertentu, kemasan sebaiknya kedap udara. Memang beda dengan kemasan sachetsehingga Anda perlu memperhatikan aspek yang satu ini dengan benar-benar. Terutama apabila Anda menjual makanan yang suhunya tinggi.

Anda bisa minta kepada percetakan kemasan makanan untuk memberikan pilihan material. Misalnya Anda ingin menggunakan standing pouch untuk minuman, pastikan kemasan tersebut mengakomodasi kebutuhan Anda.

Akhir Kata

Tidak hanya tentang material yang harus Anda pilih untuk kemasan makanan, namun juga pastikan percetakan yang pilih memang memiliki reputasi baik. Percetakan yang sudah berpengalaman tentunya mampu memberikan pelayanan terbaik dan pilihan yang beragam.

Lebih baik lagi apabila layanannya juga tersedia secara online sehingga Anda akan lebih mudah memilih dan melakukan pemesanan. Demikian beberapa hal yang bisa Anda terapkan agar bisa cetak kemasan dengan harga murah namun tetap aman untuk konsumen dan usaha Anda.- See more at: https://partnerkemasan.com/berita/detail/cara-cerdas-cetak-kemasan-makanan-aman-dan-murah-67049.html#sthash.50Q0EIZz.dpuf

Leave a Reply

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Chat Whatsapp kami