CETAK KEMASAN DIGITAL PRINTING SOLUSI PENGEMASAN MODERN

CETAK KEMASAN DIGITAL PRINTING SOLUSI PENGEMASAN MODERN

Teknik cetak kemasan semakin berkembang seiring banyaknya permintaan dari pemilik bisnis. Saat ini makin banyak berkembang produk – produk sejenis, contohnya ayam bakar, ayam krispi, dan masih banyak jenis produk lainnya, lantas apa yang membedakan?

Tepat, jawabannya adalah pengemasannya, seseorang bisa mengenali produk ayam krispi Bensu dan Mr. Suprek karena teknik pengemasannya berbeda. Selain itu kemasan juga memiliki peranan penting dalam menggait atensi dari calon pembeli.

Bayangkan sedang pergi ke swalayan, dalam satu etalase akan terpajang satu jenis produk dari berbagai merek. Pada kondisi demikian mana kemasan paling menarik cenderung akan diperhatikan pertama kali oleh calon pembeli, karenanya harus jeli dalam mempersiapkan kemasannya.

Mengapa Digital Printing Digemari Sebagai Solusi Cetak Kemasan Modern?

Ada banyak teknik pencetakan kemasan, mulai dari cara tradisional seperti sablon hingga teknik semi otomatis seperti rotografi, flexografi dan paper foil. Teknik tersebut memiliki kelemahan, pra-cetaknya lama, Digital printing diharapkan menyelesaikan kelemahan tersebut.

1.      Proses Cetaknya Tidak Memerlukan Kegiatan Pra-Cetak

Kegiatan pra-cetak adalah rangkaian aktivitas yang harus dilakukan agar proses cetaknya dapat berjalan. Seperti sablon harus mempersiapkan screennya terlebih dahulu, rotografi harus menyiapkan silindernya dahulu, dan sebagainya.

Teknik digital printing tidak memerlukan proses pra-cetak, karena prosesnya sendiri mengandalkan komputer dan analisis aritmatik sesuai dengan hitungan pixelnya. Semuanya dilakukan secara otomatis oleh komputer, sehingga tidak perlu kegiatan pra-cetak.

2.      Bisa Diaplikasikan pada Berbagai Jenis Media

Bergantung printer dan jenis tintanya, biasanya fleksibel dan menerima berbagai jenis media, mulai dari alumunium foil, plastik, karton, dan lainnya. Fleksibilitas ini memungkinkan pemilik produk untuk lebih leluasa menyusun kemasannya.

3.      Proses Cetaknya Cepat

Kecepatan cetaknya sangat cepat, terlebih sudah tidak ada proses pra-cetak, sehingga bisa langsung fokus mencetak. Kecepatannya sendiri biasanya bergantung pada mesinnya, namun saat ini sudah berkembang printer berkecepatan tinggi.

4.      Cocok untuk Kuantitas Sedikit

Kendala yang dihadapi oleh pemilik bisnis apabila ingin memesan cetak kemasan adalah harus memesan sesuai dengan minimal order. Dari sisi percetakannya merupakan salah satu strategi untuk menutup biaya pra-cetak, tetapi dari sisi pemilik bisnis terkadang membebani.

Karena tidak setiap pemilik bisnis sudah ready mengembangkan bisnisnya dalam kuantitas banyak. Terkadang masih harus mengemas produk pada kapasitas kecil agar meminimalisir biaya produksinya. Digital printing menyelesaikan masalah minimal order tersebut.

Kelemahan Menggunakan Teknik Digital Printing

Meskipun cukup digemari, tetapi ternyata teknik ini memiliki kelemahan yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah biaya per satuannya cukup tinggi dibandingkan teknik – teknik semi otomatis seperti rotografi maupun flexografi.

Apabila kebutuhannya besar, tentu biaya produksi kemasannya juga akan membengkak, terlebih bila jenis dan desain kemasannya sama semua. Akan lebih efisien apabila menggunakan teknik – teknik semi otomatis seperti flexografi maupun rotografi.

Metode digital printing ini lebih cocok digunakan pada pembuatan kemasan – kemasan spesial atau edisi khusus. Biasanya banyak digunakan oleh UMKM yang baru saja merintis bisnisnya serta kapasitas produksinya masih belum banyak, fokus ke diversifikasi produk.

Kelemahan lainnya adalah biaya perawatan dan pembelian mesin cetak digitalnya cukup mahal, apabila pemasarannya belum optimal maka berpotensi membebani biaya perawatan dan operasionalnya. Pada akhirnya akan berpengaruh ke potensi keuntungan totalnya.

Salah satu solusi terbaik apabila ingin menggunakan teknik digital printing untuk pengemasan produk Anda adalah menggunakan jasa Partner Kemas. Kami memiliki berbagai metode percetakan kemasan produk, konsultasikan untuk mendapatkan penawaran terbaik Kami.Digital printing menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kelemahan teknik percetakan semi otomatis yang harus mengganti pelat atau silinder. Namun cetak kemasan digital printing juga dianggap masih belum optimal apabila digunakan pada volume besar.- See more at: https://partnerkemasan.com/berita/detail/cetak-kemasan-digital-printing-solusi-pengemasan-modern-67051.html#sthash.VMHUR255.dpuf

Leave a Reply

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Chat Whatsapp kami