Jenis Kertas untuk Cetak Kardus Kemasan Makanan

Cetak kardus kemasan makanan tidak bisa sembarangan, Anda harus menentukan jenis kardus seperti apa yang akan digunakan. Seperti yang diketahui bahwa kardus untuk kemasan makanan sangat bervariasi jika dibanding lainnya.

Hal ini dikarenakan kardus harus disesuaikan dengan jenis makanan yang akan dikemas. Misalnya saja makanan kering, maka tidak perlu kardus yang anti lengket. Lain halnya dengan makanan basah atau berminyak.

Kualitas kertas untuk kardus juga menjadi bahan pertimbangan. Bagi Anda yang menawarkan makanan premium, usahakan menggunakan jenis kertas premium juga.

Selain itu, pastikan untuk semua jenis makanan menggunakan kardus food grade. Tujuannya agar lebih aman untuk konsumen. Untuk mengetahui jenis-jenis kertas kardus untuk makanan, simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Kertas Cetak Kardus Kemasan Makanan      

Bagi pelaku bisnis kuliner, bahkan jenis kertas yang digunakan untuk kemasan bisa memberikan kesan tersendiri untuk pelanggan. Jenis kertas yang digunakan bisa disesuaikan dengan desain kemasan itu sendiri.

Jika konsep kemasannya vintage, maka Anda bisa memilih jenis kertas berwarna cokelat. Sedangkan untuk kemasan colorful, maka Anda bisa menggunakan kertas berwarna putih. Tidak hanya dari segi warna saja, berikut ini jenis kertas yang biasa digunakan untuk kemasan makanan:

  1. Kertas Duplex

Kertas duplex masuk ke dalam golongan kertas coated dengan bagian atas berwarna putih dan bawahnya berwarna abu-abu. Untuk mencetak gambar pada jenis kertas ini, hanya bisa di bagian atasnya yang berwarna putih.

Hasil cetakan pada kertas ini jelas dan bagus karena permukaannya mengkilap. Penggunaan kertas ini kebanyakan untuk dus nasi dan kemasan kue. Yang terpenting adalah makanan tersebut tidak basah atau terlalu berminya.

Hal ini dikarenakan ketahanan terhadap air dan minyak pada kertas ini tidak begitu kuat dan tahan lama. Harganya juga terbilang sangat ekonomis, sehingga banyak digunakan oleh pebisnis kuliner.

  • Kertas Ivory

Ivory menjadi salah satu kertas yang banyak diminta untuk cetak kardus kemasan makanan. Jenis ini termasuk ke dalam kertas coated. Bagian atasnya mengkilap berwana putih cucu karena dilapisi oleh coating plastik tipis.

Sedangkan bagian dalamnya berwarna putih juga tapi sedikit kasar karena tidak diberi coating. Untuk hasil cetakannya sangat bagus dan detail. Untuk warna terang, hasilnya sangat istimewa.

Bisa menghasilkan finishing glossy, doff, hingga emboss. Jenis kardus ini cocok untuk makanan agak lembap dan memiliki topping. Kekokohannya dapat diAndalkan, sehingga kemasan tidak mudah penyok dan tertekan.

  • Kertas Duplex Putih

Kertas yang sering digunakan untuk dus pada kemasan makanan selanjutnya adalah kertas duplex putih. Jenis ini sama saja seperti kertas duplex, hanya saja bagian bawahnya berwarna putih dan agak kasar.

Terkadang bagian bawahnya dicoating menggunakan plastik tipis agar lebih kuat untuk makanan lembap dan berminyak. Hasil cetak kardus kemasan pada kertas ini cukup baik dengan hasil akhir glossy. Detail warna yang ditampilkan juga sangat baik. Tentunya, kemasan Anda semakin terlihat elegan dan unik.

  • Yellow Board

Yellow board memiliki tekstur keras dan biasanya dilapisi lagi menggunakan kertas linen atau kertas pelapis lainnya. Ketahanannya terhadap tekanan dan makanan berminyak sangat baik.

Kertas kemasan ini biasa digunakan untuk makanan-makan premium dengan harga mahal. Hal ini karena kesan elegan dan harga produksi kemasan yellow board yang tidak murah.

Hasil cetakannya sangat memuaskan dan finishingnya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Pastikan Anda menyiapkan budget extra untuk menggunakan jenis kertas kemasan ini.

Bagi Anda yang mau mencetak kemasan makanan dengan harga terjangkau, gunakan jasa Partner Kemas. Anda akan memperoleh berbagai keuntungan, mulai dari custom desain hingga konsultasi desain.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website Partner Kemas. Cetak kardus kemasan jadi lebih mudah dan terjangkau bersama kami, Partner Kemas.

Leave a Reply

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Chat Whatsapp kami